Green Coffee Australia Kian Berkembang

Dibanding dengan kebun kopinya ,Australia memang lebih tersohor akan kebun penghasil anggurnya. Hampir setiap daerah memiliki perkebunan anggur yang besar mulai dari Margaret River di Australia Barat hingga Barossa Valley dekat dengan Adelaide. Australia memiliki kurang lebih 60 kawasan perkebunan anggur diimbangi dengan reputasi anggurnya yang sering memenangkan penghargaan dari seluruh duni semakin membuat Australia menjadi tersohor dan dinobatkan salah satu negera penghasil anggur terbaik didunia. Akan tetapi apakah ada perkebunan green coffee Australia itu sendiri.


Australia sendiri memliki kurang lebih 2.400 kilang anggur yang tersebar di 65 kawasan perkebunan anggur di seluruh Australia. Hasil dari kebun anggur di Australia sendiri menghasilkan lebih dari 100 varietas anggur yang berbeda dan 30 juta lebih gelas anggur Anggur yang di konsumsi masyarakat didunia.

Mengenai green coffee asli Australia,pada tahun 1880 adalah pertama kali kopi dibudidayakan di Australia. Berlanjut pada tahun 1926 ketika dunia industri mulai lemah karena biaya tenaga kerja yang sangat tinggi pada waktu itu dan kualitas biji kopi Australia umumnya buruk. Pada sekitar tahun 1980-an,pemanenan beralih menggunakan mekanik membuat kopi yang tumbuh di Australia lebih layak secara ekonomi dan banyak perkebunan kopi didirikan kembali di banyak daerah yang sama diantaranya daerah sepanjang pantai timur di New South Wales sampai Queensland.

Akan tetapi untuk konsumsi didalam negeri sendiri lebih banyak mendatangkan kopi dari luar negeri. Seperti contohnya kopi yang berasal dari dataran Amerika, Papua Nugini, hingga  kopi yang berasal dari Indonesia. Terlebih biji dari Indonesia berhasil meraih penghargaan dalam Australia International Coffee Award. Seperti yang dikutip dari media Republika dalam kompetisi tersebut biji kopi asli Indonesia ynag mendapat juara antara lain kopi yang berasal dari Simalungun, Wahana, Ciwidey, Toraja,dan Kerinci.

Australia International Coffee Award sendiri merupakan bagian dari rangkaian acara di Kota Melbourne International Coffee Exhibition (MICE) yang diselenggarakan pada tahun 2018 yang digelar di Melbourne Showgrounds, Ascote Vale, Melbourne,Australia. harga green coffee dari Indonesia yang dinilai terjangkau serta kualitas nya yang sudah teruji banyak penikmat kopi di Australia lebih memilih kopi dari Indonesia. Didalam negeri sendiri harga green coffee juga sangat bersaing,dengan demikian mampu meningkatkan pendapatan para petani kopi di Indonesia.