Prosedur Yang Harus Dilakukan Dan Biaya Pendirian PT Di Tangerang


Untuk mendirikan sebuah PT menggunakan penyedia jasa, biaya pendirian PT di Tangerang apabila menggunakan jasa berkisar 15 juta rupiah tergantung dari paket pembuatan PT yang anda pilih di jasa tersebut. Biasanya dari pihak ketiga alias penyedia jasa pembuatan PT memiliki berbagai macam paket yang bisa dipilih oleh calon klien. Ada yang murah dan juga mahal, tergantung dari jasa-jasa yang ditawarkan. Tentunya jika menggunakan paket yang murah, nantinya hanya akan membantu mengurus syarat pendirian PT seadanya saja. Berbeda jika menggunakan paket mahal, jika menggunakan paket ini maka semua persyaratan dan lain sebagainya sudah diurus oleh penyedia jasa dan anda tidak perlu lagi pusing memikirkannya.

 

Jika ingin melakukan pendirian PT, minimal modal yang dimiliki 50 juta rupiah dan dari modal tersebut yang harus disetor minimal 25%. Modal yang harus disetor maksudnya adalah modal yang berbentuk non kas yang dimasukkan di perusahaan. Selain kedua jenis modal tadi, masih ada modal lainnya dalam PT, yaitu modal bayar dan juga modal yang ditempatkan. Modal ditempatkan maksudnya adalah modal yang ditangguhkan atau disanggupi agar dimasukkan dalam perusahaan. Untuk modal berbayar, modal ini berupa uang atau kas yang dibayarkan ke perusahaan.

 

Untuk mendirikan sebuah perusahaan, ada beberapa prosedur yang harus dilakukan terlebih dahulu. Entah menggunakan jasa atau tanpa menggunakan jasa, prosedur ini tetap harus dilakukan.

1.    Menggunakan akta resmi dari notaris yang mencantumkan nama perusahaan, alamat, bidang usaha, modal dan lain sebagainya.

2.    Akta pendirian tersebut disahkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia. Syarat agar akta tersebut sah adalah sebagai berikut.

  1. Perusahaan tidak melakukan usaha yang bertentangan dengan ketertiban dan kesusilaan.
  2. Memenuhi syarat yang ditetapkan oleh undang-undang.
  3. Minimal modal yang disetor dan ditempatkan adalah 25% dari modal dasar.

3.    Menteri Hukum dan HAM akan mengumumkan pendirian PT dalam BNRI (Berita Acara Negara Republik Indonesia).

4.    Setelah diumumkan di BNRI, maka PT tersebut sudah sah menjadi usaha berbadan hukum dan sudah bisa memulai operasionalnya.